Sosialisasi Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi

      Comments Off on Sosialisasi Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi

Dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi Lembaga Penjaminan Mutu Institut Kesehatan Helvetia bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi mengadakan Sosialisasi Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi. Di adakan pada hari Rabu, 15 Agustus 2018 acara ini dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Farmasi dan Kesehatan, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Seluruh Ketua Program Studi dan Kepala Bagian Akademik Institut Kesehatan Helvetia.

Acara ini di buka oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Institut Kesehatan Helvetia Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Badiran, M.Pd dilanjutkan dengan penyampaian materi sekaligus tanya jawab oleh Bapak Dimas Andyan Indra Dhanurukma, B.IT, S.Kom, M.M.

Bapak Dimas Andyan Indra Dhanurukma, B.IT, S.Kom, M.M menyampaikan bahwa Sertifikasi sangat di butuhkan lulusan untuk melamar pekerjaan. Beliau menjelaskan bahwa Standar Kompetensi Kerja terbagi menjadi 3 (tiga) Standar:

  1. Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)
  2. Standar Internasional
  3. Standar Khusus (Spesifik)

Beliau juga mengajak pemimpin perguruan tinggi untuk membuat sendiri Lembaga Sertifikasi Profesi. Lembaga Sertifikasi Profesi sendiri bertujuan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap peserta pendidikan/pelatihan berbasis kompetensi dan /atau sumber daya manusia dari jejaring kerja lembaga induknya, sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP.